Dimana cinta berada?

cintaKita belajar apa itu cinta dari seorang ibu yang menyusui anaknya dalam gendongan, sedangkan kedua belah tangannya sibuk menisik selimut keluarga. Dalam dadanya tiada sesuatu apa selain ketulusan memberi atas nama cinta. Kita belajar apa itu cinta dari seorang ayah yang membawa pulang sejumput padi dan setuang air setelah seharian berterik-terik di ladang. Dalam dadanya tiada sesuatu apa selain kegembiraan memberi atas nama cinta. Karena cinta bukan hanya sekedar pelukan hangat, belaian lembut, atau kata-kata penuh dayu, bahkan cinta bukan hanya cinta yang kita rasakan saat jatuh cinta. Kita belajar apa itu cinta dari apa pun yang ada di muka bumi. Dari cahya matari. Dari sepasang merpati. Dari sorot mata anak-anak yang menanti pemberian. Dari sujud dan tengadah doa. Dari apa pun!

Dari seluruh kelahiran, yang kita sambut dengan cinta, hingga kematian yang kita larung dalam cinta, kita hanya belajar satu hal: cinta. Dan kehadiran kita dalam hidup ini pun tiada maksud lain selain mewujudkan cinta. Karena itu, tiada yang pantas kita lakukan selain atas nama cinta kita yang teragung.

Seperti apakah cinta? Cinta mempunyai tangan untuk menolong orang lain. Cinta mempunyai kaki untuk mendorong yang miskin dan membutuhkan. Cinta mempunyai mata untuk melihat penderitaan dan keinginan. Cinta mempunyai telinga untuk mendengar rintihan dan kesengsaraan. Seperti itulah cinta. (Santo Agustinus)

Cinta tidak ada kaitannya dengan yang ingin anda dapatkan, tetapi berhubungan dengan yang ingin anda berikan –  apa pun itu. Yang akan anda terima sebagai balasan bermacam-macam. Tetapi itu sama sekali tidak berhubungan dengan yang anda berikan. Anda memberi karena cinta dan tidak bisa tidak memberi. Apabila anda sangat beruntung, mungkin anda balik dicintai. Itu indah sekali, tetapi tidak harus selalu demikian. (Katherine Hepburn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: